HIMBAUAN DOA BERSAMA SERENTAK 14 MEI 2020
Disiplin Cegah Penyebaran Virus Corona (Covid-19) Mulai dari Diri Sendiri
SELAMAT HARI JADI PROVINSI SUMATERA UTARA KE 72
Turut Berduka Cita untuk Ibunda Presiden Joko Widodo
Turut Berduka Cita untuk Bapak H Syamsul Bahri Batubara SH
Himbauan Ketua DPRD Sumatera Utara
DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA
Rumah Adat Sumatera Utara
Daerah Wisata Sumatera Utara
Rumah Ibadah Sumatera Utara

KETUA DPRD PROVSU MELAKUKAN PENINJAUAN RUMAH SAKIT USU TERKAIT ANTISIPASI PENANGANAN VIRUS COVID 19

Posted April 17, 2020
Written by user
Category Umum
KETUA DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA MELAKUKAN PENINJAUAN  RUMAH SAKIT USU TERKAIT ANTISIPASI PENANGANAN VIRUS COVID 19
 
Jum’at (17/04/2020), Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara Drs. Baskami Ginting melakukan peninjauan terkait penanganan Virus Covid-19 ke Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara (USU) bersama dengan Gubernur Sumatera Utara, Rektor Universitas Sumatera Utara, Kepala Dinas Kesehatan dan seluruh jajaran Direksi Rumah Sakit USU.
 
    
 
Dalam pertemuan tersebut, Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara, Gubernur Sumatera Utara  beserta seluruh jajaran melakukan peninjauan ke ruang stem cell/ruang PCR (Polimere Chain Reaction) yang pertama di Sumatera Utara dari Kementrian Kesehatan. Dimana ruang PCR bertujuan untuk mendapatkan penjelasan terkait sistem yang akan dilaksanakan dalam pelaksanaan tes PCR dan dilanjutkan dengan meninjau ruang ICU
Dalam hal pelaksanaan tes dan Laboratorium PCR Rumah Sakit USU melakukan kerjasama dengan BTKL Sumatera Utara. Saat ini pihak Laboratorium USU bekerja dengan melibatkan tim ahli, agar tim ahli bekerja lebih baik hasil kerjanya dan dapat disinkronkan dengan Tim Satgas Covid-19 dibawah Pimpinan Gubernur Sumatera Utara.
 
      
 
Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara mengapresiasi Rumah Sakit USU yang telah mendatangkan 2 (dua) unit alat PCR untuk pemeriksaan sampel pasien suspect Covid-19 yang dapat memeriksa 200-300 sampel/hari/unit dan hasilnya dapat diketahui dalam waktu 24 jam. Dimana sebelumnya diperlukan pengiriman sampel ke Jakarta dengan membutuhkan waktu selama 2 (dua) minggu untuk mengetahui hasilnya. 

Selanjutnya Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dalam sambutannya mengapresiasi terobosan Rumah Sakit USU dalam menangani pandemi virus Covid-19. Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan DPRD Provinsi Sumatera Utara siap bersinergi dengan Rumah Sakit rujukan Covid-19 termasuk Rumah Sakit USU. Saat ini Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melakukan 2 (dua) langkah utama yaitu bersifat fisik maupun non fisik. Langkah fisik dilakukan dengan menyiapkan Rumah Sakit beserta APD dan Laboratorium lengkap sedangkan langkah non fisik berupa mengumpulkan data dan informasi masyarakat miskin (penerima PKH) dan masyarakat miskin baru terdampak Covid-19 dari Kab/Kota untuk menanggulangi permasalahan ekonomi melalui Social Safety Net (dengan pemberian BLT atau sembako, dll) termasuk proses distribusinya.
 
      
 
Dalam pertemuan tersebut, Rektor Universitas Sumatera Utara Prof Runtung Sitepu menjelaskan bahwa Rumah Sakit USU siap menerima sampel untuk pengecekan pasien yang terindikasi Covid-19 baik PDP maupun yang positif, serta siap untuk merawat pasien bila dinyatakan positif Covid-19.  Pemeriksaan sampel dilakukan melalui metode swab atau PCR secara gratis kepada seluruh masyarakat. Hasil pemeriksaan selanjutnya akan dilaporkan ke Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Badan Litbangkes) secara online. Saat ini Rumah Sakit USU memiliki 2 (dua) unit alat PCR namun dalam waktu dekat akan bertambah sebanyak 2 (dua) unit alat PCR.
 

 
Di akhir peninjauan Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara , Gubernur Sumatera Utara, Rektor USU beserta jajarannya meninjau ruang isolasi yang sedang dalam tahap finishing, dimana ruang isolasi ini diharapkan akan selesai pada tanggal 27 April 2020 mendatang dengan memiliki 5 (ruang) isolasi.