DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA
SELAMAT KEPADA PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN RI
Rumah Adat Sumatera Utara
Daerah Wisata Sumatera Utara
Rumah Ibadah Sumatera Utara

​KUNJUNGAN BK DPRD KABUPATEN ASAHAN KE DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA

Posted January 31, 2020
Written by user
Category Umum
KUNJUNGAN BADAN KEHORMATAN DPRD KABUPATEN ASAHAN
 KE DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA


Kamis, 30/01/2020 Pimpinan dan Anggota Badan Kehormatan DPRD Kabupaten Asahan melakukan Kunjungan Kerja ke DPRD Provinsi Sumatera Utara, kunjungan tersebut dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Asahan H. Baharuddin Harahap, SH, MH beserta Wakil Ketua dan anggota Badan Kehormatan DPRD Kabupaten Asahan dan diterima oleh Kasubbag Protokol dan HAL Evelyn Sitanggang, SE, MSP bersama Tenaga Ahli Badan Kehormatan DPRD Provinsi Sumatera Utara Roy Belata Syahputra diruang Rapat Badan Kehormatan DPRD Provinsi Sumatera Utara.
Kasubbag Protokol dan HAL Evelyn Sitanggang, SE, MSP mengucapkan selamat datang dan berterima kasih atas kedatangan Pimpinan dan Anggota Badan Kehormatan DPRD Kabupaten Asahan yang telah berkunjung ke DPRD Provinsi Sumatera Utara.
Dalam Sambutannya Ketua DPRD Kabupaten Asahan H. Baharuddin Harahap, SH, MH mengucapkan terimakasih kepada Kasubbag Protokol dan HAL beserta Tenaga Ahli Badan Kehormatan DPRD Provinsi Sumatera Utara yang telah menyambut baik kedatangan Pimpinan dan Anggota Badan Kehormatan DPRD Kabupaten Asahan. Ketua DPRD Kabupaten Asahan mengatakan maksud kedatangan ke DPRD Provinsi Sumatera Utara dalam rangka dalam rangka konsultasi dan koordinasi tentang Tata Beracara dan Kode Etik DPRD. Selanjutnya kami ingin menanyakan terkait dengan bagaimana proses atau tahapan yang dilakukan Badan Kehormatan DPRD Provinsi Sumatera Utara terkait dengan adanya pelanggaran Tata Tertib, Kode Etik dan Tata Beracara yang dilakukan oleh Anggota DPRD.
Menanggapi Hal tersebut, Tenaga Ahli Badan Kehormatan DPRD DPRD Provinsi Sumatera Utara Roy belata Syahputra mengatakan terkait dengan Kode Etik dan Tata Beracara di DPRD Provinsi Sumatera Utara sampai saat itu belum ada pengesahan dan Tim Panitia Khusus Tata Tertib masih melakukan kunjungan kerja ke beberapa Provinsi di Indonesia sebagai bahan masukan dan pertimbangan untuk perancangan Tata Tertib yang baru.  Seperti diketahui bahwa bila Tata Tertib yang baru belum disahkan maka Tata Tertib yang lama masih berlaku dan masih sah untuk digunakan. Tata Tertib, Kode Etik dan Tata Beracara berpedoman pada PP Nomor 12 Tahun 2018. Selanjuntya harus diketahui bahwa Tata Tertib, Kode Etik dan Tata Beracara disusun dengan berpedoman pada hirarki PerUndang-Undangan dan tidak boleh melanggar aturan tersebut.
Selanjutnya Tenaga Ahli Badan Kehormatan DPRD Provinsi Sumatera Utara menambahkan terkait dengan pelanggaran Tata Tertib, Kode Etik dan Tata Beracara yang dilakukan oleh Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara maka Badan Kehormatan akan melakukan penyelidikan terlebih dahulu sebelum melakukan sidang untuk memanggil Pihak yang diadu, pihak yang mengadu dan bukti yang jelas terkait dengan pelanggaran tersebut, namun Badan Kehormatan DPRD berharap masalah atau pelanggaran yang terjadi dapat diselesaikan secara musyawarah untuk mencapai mufakat.