DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA
SELAMAT KEPADA PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN RI
Rumah Adat Sumatera Utara
Daerah Wisata Sumatera Utara
Rumah Ibadah Sumatera Utara

​PIMPINAN DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA MENGHADIRI PENYERAHAN LAPORAN HASIL PEMERIKSAAN BPK PROVSU

Posted December 17, 2019
Written by user
Category Umum
PIMPINAN DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA MENGHADIRI PENYERAHAN LAPORAN HASIL PEMERIKSAAN DAN PEMANTAUAN BPK PERWAKILAN SUMUT PADA
PEMERINTAHAN PROVINSI SUMATERA UTARA


Selasa, 17/12/19, Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara H. Salman Alfarisi, Lc, M.A menerima hasil  laporan pemeriksaan dan pemantauan yang dilaksanakan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Tahun Anggaran 2019, dari Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sumatera Utara Vincentia Moli Ambar Wahyuni, di Ruang Aula Kantor Perwakilan BPK Provinsi Sumatera Utara.
Hasil pemeriksaan dan pemantauan BPK yang diterima, antara lain Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester (IHPS) I Tahun 2019, Hasil Pemeriksaan Kinerja Kepatuhan atas Belanja Daerah Tahun Anggaran 2019, Hasil Pemantauan Kerugian Daerah Semester II Tahun 2019 dan Hasil Pemantauan Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Pemeriksaan BPK Triwulan IV Tahun 2019.


Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara, Salman Alfarisi, Lc, M.A dalam sambutannya mengatakan, sesuai ketentuan yang diamanatkan dalam UU No. 15 Tahun 2004 Pasal 17 Ayat 5 yang menyatakan bahwa laporan hasil pemeriksaan dengan tujuan tertentu disampaikan kepada DPR/DPD/DPRD sesuai dengan kewenangannya. DPRD memiliki tiga fungsi yaitu fungsi Legislasi, fungsi Anggaran, dan fungsi Pengawasan yang juga menerima hasil pemeriksaan BPK secara berkala, dengan demikian kehadiran Badan Pemeriksa Keuangan bisa mendukung kelancaran pelaksanaan fungsi Pengawasan DPRD dalam bidang Akuntabilitas Keuangan Pemerintah Daerah Provinsi ataupun Kabupaten/Kota.
Bahwa BPK Perwakilan Daerah Provinsi Sumatera Utara telah melakukan Audit terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Utara melalui pemeriksaan intern. kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas segala masukan, koreksi dan langkah-langkah perbaikan selama proses pemeriksaan tersebut. Sebagaimana ada empat jenis opini yang dapat diberikan oleh BPK, yaitu Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), Wajar Tanpa Pengecualian Dengan Penjelasan (WTP-DPP), Wajar Dengan Pengecualian (WDP) Dan Tidak Menyatakan Pendapat (TMP). Harapan kami adalah bahwa Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Utara untuk tahun ini pula akan memperoleh penilaian/opini terbaik yaitu Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Apapun opini yang diberikan BPK kepada Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Utara bertujuan untuk meningkatkan Kualitas Kinerja agar semakin Efektif dan Efisien sesuai dengan Visi dan Misi dari Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Utara yang pada akhirnya mampu meningkatkan kualitas hidup di segala bidang bagi masyarakat Provinsi Sumatera Utara lebih baik lagi.

Atas nama DPRD Provinsi Sumatera Utara saya mengucapkan terima kasih kepada Perwakilan BPK Provinsi Sumatera Utara atas kerjasama yang telah terbina dengan baik selama ini. Kerjasama ini kami harapkan untuk dapat lebih ditingkatkan lagi di masa-masa mendatang.
Turut Hadir dalam acara tersebut, Wakil Gubernur Sumatera Utara, Kepala Inspektorat Provinsi Sumatera Utara, Kepala Daerah dan Ketua DPRD Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara, Ketua KPU dan BUMD se-Sumatera Utara dan Inspektur se-Sumatera Utara.