DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA
SELAMAT KEPADA PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN RI
Rumah Adat Sumatera Utara
Daerah Wisata Sumatera Utara
Rumah Ibadah Sumatera Utara

ORIENTASI/ PEMBEKALAN PIMPINAN DAN ANGGOTA DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA MASA JABATAN 2019-2024

Posted November 19, 2019
Written by user
Category Umum
ORIENTASI/ PEMBEKALAN PIMPINAN DAN ANGGOTA DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA
MASA JABATAN 2019-2024
 
 
Pimpinan dan Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara Masa Jabatan 2019-2024 mengikuti Kegiatan Orientasi/Pembekalan yang dilaksanakan tanggal 19 November s/d 21 November 2019 di Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Kemendagri Regional Bukittinggi, Sumatera Barat.
Kegiatan Orientasi ini diawali dengan Laporan Panitia Penyelenggara yang dibacakan oleh Plt. Kepala Bidang II H. Irwandi, SE, M.Si yang menyampaikan bahwa orientasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan, keterampilan, sikap dan semangat pengabdian Anggota DPRD dalam melaksanakan tugas Pemerintahan Daerah dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia. Irwandi juga menambahkan bahwa metode orientasi yang digunakan adalah metode andragogi yang mana peserta orientasi dipacu untuk berpartisipasi secara aktif, dengan jalan saling asah, saling asih dan saling asuh diantara peserta dengan teknik pembelajaran antara lain : ceramah, tanya jawab, diskusi dan curah gagasan.

Pembukaan orientasi secara resmi dibuka oleh Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Kemendagri Regional Bukittinggi Drs. H. Sukriadi Dawai, M.Si. Dalam sambutannya Sukriadi Dawai mengatakan bahwa DPRD Provinsi merupakan Lembaga Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi yang berkedudukan sebagai unsur penyelenggara Pemerintah Daerah Provinsi yang mana dalam pelaksanaan fungsi-fungsinya, Anggota DPRD membutuhkan kompetensi yang cukup untuk merumuskan, membahas dan menyetujui kebijakan publik bersama Gubernur, kebijakan publik dimaksud umumnya adalah dalam bentuk Peraturan Daerah. Disamping perumusan kebijakan, Anggota DPRD juga diharapkan dapat memahami secara utuh fungsi, tugas dan wewenang serta hak dan kewajibannya sebagai DPRD. Oleh karena itu, kegiatan orientasi/pembekalan tersebut dinilai sangat strategis guna mewujudkan Sumatera Utara yang makmur dan sejahtera.
Acara dilanjutkan dengan pemasangan tanda peserta orientasi secara simbolis oleh Kepala PPSDM Kemendagri Regional Bukittinggi yang didampingi Pimpinan DPRD Provinsi Sumatera Utara. Narasumber dalam kegiatan orientasi tersebut terdiri dari Pejabat Struktural/Widyaiswara/Pakar/Praktisi/Akademisi yang telah memiliki Sertifikat Trainning of Trainers (TOT) Orientasi Anggota DPRD.