DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA
SELAMAT KEPADA PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN RI
Rumah Adat Sumatera Utara
Daerah Wisata Sumatera Utara
Rumah Ibadah Sumatera Utara

KUNJUNGAN KERJA PIMPINAN/ANGGOTA BANGGAR DAN ANGGOTA BANMUS DPRD PROVINSI RIAU KE DPRD-SU

Posted November 26, 2019
Written by user
Category Umum
KUNJUNGAN KERJA PIMPINAN/ANGGOTA BANGGAR DAN ANGGOTA BANMUS
DPRD PROVINSI RIAU KE DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA


           Selasa, 26/11/19, Pimpinan dan Anggota Badan Anggaran (Banggar) dan Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Provinsi Riau melakukan kunjungan kerja ke DPRD Provinsi Sumatera Utara yang diterima langsung oleh Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara, Rahmansyah Sibarani didampingi Tenaga Ahli Banggar DPRD Provinsi Sumatera, Sirajuddin Gayo, Kasubbag Protokol dan HAL Sekretariat DPRD Provinsi Sumatera Utara Evelyn Sitanggang, SE, MSP di Ruang Rapat Banggar DPRD Provinsi Sumatera Utara.
Konsultasi ini dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara Rahmansyah Sibarani dan Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau H. Zukri dan dalam sambutannya beliau mengatakan kedatangan Pimpinan dan Anggota Banggar DPRD Provinsi Riau ke DPRD Provinsi Sumatera Utara dalam rangka Study Banding terkait Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah Provinsi Riau tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2020.
Selanjutnya Anggota Banggar DPRD Provinsi Riau H. Sukarmi juga mempertanyakan bagaimana menyikapi Dana Bagi Hasil (DBH) Provinsi Riau ditunda transfer pada Tahun 2018. Bagaimana DBH di Provinsi Sumatera Utara serta prosedur pendirian BUMD Perkebunan di Provinsi Sumatera Utara dan mekanisme Pokir di Sumatera Utara.
Anggota Banmus DPRD Provinsi Riau H. Sahidin menanyakan terkait pelaksanaan tugas dan fungsi Badan Musyawarah, di Sumatera Utara apakah sudah menerapkan Pajak Progresif Kenderaan Bermotor.


Menanggapi hal tersebut Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara Rahmansyah Sibarani mengatakan terkait DBH, Banggar DPRD Provinsi Sumatera Utara sedang mengoptimalisasi DBH Sawit di Provinsi Sumatera Utara.
Tenaga Ahli Banggar DPRD Provinsi Sirajuddin Gayo menjelaskan terkait Pokir Provinsi Sumatera Utara, dalam Permendagri No.13/2006 pembahasan KUA, PPAS, dan RAPBD. Penyampaian pokok-pokok pikiran DPRD 5 bulan sebelum penetapan APBD, yakni paling lambat 31 Desember. Pada waktu tersebut, DPRD juga sedang melaksanakan pembahasan atas laporan pertanggungjawaban APBD yang disampaikan oleh kepala daerah dan KUA/PPAS perubahan APBD tahun berjalan.
Ketika substansi “pokok-pokok pikiran DPRD” berbeda dengan isi KUA dan PPAS, yang nota bene bersumber dari Peraturan Kepala Daerah (Perkada) tentang RKPD, maka ada peluang bagi anggota dewan untuk memasukkan usulan program/kegiatan yang tidak bersumber dari Musrenbang.
Terkait dengan Tugas dan Fungsi Badan Musyawarah di DPRD harus dinamis, kunjungan kerja dan rapat-rapat di DPRD telah dijadwalkan dalam rapat Banmus untuk kegiatan setiap bulan sesuai dengan kebutuhan komisi dan alat kelengkapan lainnya, jadwal Banmus dapat dirubah sewaktu-waktu apabila mendapat usulan lain dari komisi serta Alat Kelengkapan lainnya yang ditetapkan kembali dalam Rapat Banmus tentang perubahan jadwal kegiatan Dewan yang mana disebut Rapat Banmus berjalan. Jadwal kegiatan Banmus dibuat pada minggu ke III setiap bulan.
 
PT. PD Perkebunan Provinsi Sumatera Utara berpedoman pada PP No. 54 Tahun 2017, sudah berdiri sejak tahun 2005 dan memiliki Pabrik CPO (Crude Palm Oil) sendiri. Terkait Pajak Kenderaan bermotor di Provinsi Sumatera Utara sudah menerapkan Pajak Progresif Kenderaan Bermotor sejak tahun 2012 dan efektif dalam peningkatan PAD Provinsi Sumatera Utara.