DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA
SELAMAT KEPADA PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN RI
Rumah Adat Sumatera Utara
Daerah Wisata Sumatera Utara
Rumah Ibadah Sumatera Utara

Audiensi Ketua Yasasan Rumah Konstitusi Indonesia dengan Wakil Ketua I DPRD Provinsi Sumatera Utara

Posted November 12, 2019
Written by user
Category Umum
Audiensi Ketua Yasasan Rumah Konstitusi Indonesia dengan Wakil Ketua I DPRD Provinsi Sumatera Utara
 
Selasa, (12/11/2019). Wakil Ketua I DPRD Provinsi Sumatera Utara H. Harun Mustafa Nasution menerima Audiensi Ketua Yayasan Rumah Konstitusi Indonesia di ruang Wakil Ketua I DPRD Provinsi Sumatera Utara.
 
       

Dalam pertemuan tersebut, Amir H. Nasution SH, MH Selaku Ketua Yayasan Rumah Konstitusi Indonesia, Beliau mengatakan tujuan kedatangan tersebut untuk bersilatuhrahmi dan menyampaikan informasi kepada Wakil Ketua I DPRD H. Harun Mustafa Nasution terkait dengan perkembangan dan kondisi-kondisi Desa Mandiri di Sumatera Utara dan berdasarkan survey tahun 2019 baru 4 desa saja yang termasuk dalam Desa Mandiri se Sumatera Utara  yaitu satu desa di Kabupaten Karo, dua desa di Kabupaten Padang Lawas dan satu desa di Kabupaten Simalungun. Beliau juga memberikan usulan untuk membantu Pemerintah dengan adanya aturan/regulasi/pergub untuk meningkatkan pertumbuhan dan target menuju Desa Mandiri  serta harus ada monitoring dari tim Independen yang langsung melapor ke Gubernur Sumatera Utara untuk Penganggaran Perencanaan dan Pembangunan desa sangat tertinggal menuju Desa Mandiri di seluruh Kab/Kota Sumatera Utara. 

Saiful Bahri, S.ip. M.Sos selaku peneliti Yayasan Rumah Konstitusi Indonesia juga mengatakan dalam Program-program yang dijalankan  Yayasan Rumah Konstitusi Indonesia bermaksud ingin meningkatkan desa yang  sangat tertinggal menuju desa tertinggal yang kemudian menuju desa maju dilanjutkan dengan Desa Mandiri. Beliau juga mengatakan  bahwa di Provinsi Jawa Tengah di tahun 2000 sekitar 20 desa yang sudah menjadi Desa Mandiri kemudian mengalami peningkatan di tahun 2019 sebanyak 124 desa menjadi Desa Mandiri begitu juga di Provinsi Kalimantan Barat telah mempunyai 87 Desa Mandiri, dan Desa Bantarsari Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat juga terdapat 1 Desa Mandiri yang bersumber dari perkebunan jambu kristal, harapan kami hasil komoditi dari 190 desa maju se-Provinsi Sumatera Utara dapat mengejar ketertinggalan menuju desa mandiri.
 
     
 
Wakil Ketua I DPRD Provinsi Sumatera Utara  H. Harun Mustafa Nasution mengucapkan terima kasih dan selamat datang atas kunjungan Yayasan Rumah Konstitusi Indonesia ke DPRD Provinsi Sumatera Utara. Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara sangat mendukung dalam Program-program yang di jalankan Yayasan Rumah Konstitusi Indonesia. Beliau menyatakan bahwa membangun desa adalah tanggung jawab kita bersama untuk membantu perekonomian masyarakat yang berada di desa sangat tertinggal. Beliau juga menyarankan harus mengembangkan, mendorong dan melestarikan warung-warung kecil atau koperasi di desa yang sangat tertinggal. Beliau juga berharap dengan adanya bantuan kita secara bersama-sama meningkatkan komoditi yang menjadi unggulan hasil dari desa sangat tertinggal dapat  memajukan desa-desa menjadi desa maju dan mandiri di Sumatera Utara.