Rumah Adat Sumatera Utara
Daerah Wisata Sumatera Utara
Rumah Ibadah Sumatera Utara

Ketua Sementara DPRD Provinsi Sumatera Utara Menghadiri Silaturrahim Penyambutan/Pemulangan Warga Su

Posted October 9, 2019
Written by user
Category Umum
 
Ketua Sementara DPRD Provinsi Sumatera Utara Menghadiri
Silaturrahim Penyambutan/Pemulangan Warga Sumatera Utara dari Wamena, Papua
 
Rabu, (9/10/2019). Ketua Sementara DPRD Provinsi Sumatera Utara Drs. Baskami Ginting menghadiri Silaturrahim Penyambutan/Pemulangan Warga Sumatera Utara dari Wamena Kabupaten Jaya Wijaya Provinsi Papua ke Sumatera Utara di Aula Raja Inal Siregar, Lantai 2, Kantor Gubernur Sumatera Utara. Dalam Silaturrahim tersebut Gubernur Sumatera Utara menuturkan jumlah warga Sumatera Utara korban bencana sosial di Wamena yang tercatat 651 orang tersebar di beberapa titik pengungsian di Sentani dan Jaya Pura, sebanyak 36 orang hari ini tiba di Kota Medan, 14 orang dari Surabaya ditambah 22 orang dari Jakarta, yang belum kembali sebanyak 264 orang. Insyaallah dalam waktu 10 hari akan sampai di Belawan dengan menaiki kapal laut. Sebanyak 133 orang warga Sumatera Utara memutuskan untuk tetap tinggal di Papua yang tersebar di beberapa titik pengungsian di Jayapura dan menunggu kondisi yang memungkinkan untuk kembali lagi ke Wamena.
       
Ketua Sementara DPRD Provinsi Sumatera Utara Drs. Baskami Ginting mengatakan DPRD Provinsi Sumatera Utara mengapresiasi tindakan yang telah dilakukan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara yang peduli terhadap para pengungsi asal Sumatera Utara dan akan mendukung Pemerintah Provinsi Sumatera Utara bilamana memerlukan anggaran untuk pemulangan pengungsi dari Wamena Provinsi Papua.
 
       

Tindakan yang di lakukan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara masih sesuai dengan harapan sebagai Wakil Rakyat dan DPRD mendukung dalam menghadapi masalah ini. Kalau nanti tidak ada anggaran akan kita minta dimasukkan dalam APBD Provinsi Sumatera Utara, demikian ungkap politisi PDI Perjuangan usai menyerahkan bingkisan secara simbolis kepada para pengungsi berupa family kids.
     
Turut hadir dalam kegiatan Silaturrahim Penyambutan/Pemulangan Warga Sumatera Utara dari Wamena Kabupaten Jaya Wijaya Provinsi Papua ke Sumatera Utara  Sekda Provinsi Sumatera Utara Dr. Ir. Hj. R. Sabrina, MSi, Kepala Dinas Pendidikan Provsu Drs. Arsyad Lubis, MM, BPBD Provinsi Sumatera Utara, BNPB dan Forkopimda Provinsi Sumatera Utara.