DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA
SUMPAH PEMUDA KE 91
SELAMAT KEPADA PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN RI
Rumah Adat Sumatera Utara
Daerah Wisata Sumatera Utara
Rumah Ibadah Sumatera Utara

KETUA SEMENTARA DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA MENGHADIRI PELETAKAN BATU PERTAMA PEMBANGUNAN RUMAH HUN

Posted October 18, 2019
Written by user
Category Umum
KETUA SEMENTARA DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA MENGHADIRI PELETAKAN BATU PERTAMA PEMBANGUNAN RUMAH HUNIAN TETAP   TAHAP III DI KAWASAN SIOSAR KEC. TIGAPANAH KAB. KARO   

Jum’at 18 Oktober 2019 Ketua Sementara DPRD Provinsi Sumatera Utara (Drs. Baskami Ginting) menghadiri acara Peletakan Batu Pertama Pembangunan Rumah Hunian Tetap (Huntap) Warga yang terdampak Erupsi Gunung Sinabung relokasi tahap III di Kawasan Siosar Kabupaten Karo.
 
Kepala BNPB (Letjen TNI Doni Monardo) bersama Gubernur Sumatera Utara (Edy Rahmayadi), di dampingi Ketua Sementara DPRD Sumut (Drs. Baskami Ginting), Bupati Karo (Terkelin Brahmana, S.H), Wakil Bupati Karo (Cory Seriwaty br Sebayang), Deputi I Kemenko PMK (Dody Usodo), Danrem 023/KS (Kolonel Inf Tri Saktiyono), Dandim 0205/TK (Letkol Inf Taufik Rizal Batubara), Kepala BPBD Provsu (Riadil Akhir Lubis), Kalak BPBD Karo (Ir Martin Sitepu) dan segenap Forkopimda Sumatera Utara melakukan peletakan batu pertama dan memberikan secara simbolis kepada perwakilan warga Desa Huntap III berupa satu buah penggiling mesin Kopi dan dilanjutkan penanaman pohon Pokat di sekitar lahan Huntap III.

Acara tersebut di awali dengan sambutan oleh Bupati Karo ( Terkelin Brahmana, S.H) mengucapkan “Selamat datang kepada Kepala BNPB (Letjen TNI Doni Monardo) sekaligus menjelaskan bahwa masyarakat Desa yang akan menghuni tahap III ini, meliputi 3 Desa dan 1 Dusun , yaitu Desa Sigarang Garang , Sukanalu, Mardingding, dan Dusun Lau Kawar , yang ditergetkan untuk pembangunan sebanyak 892 unit rumah sebanyak  1.038 kepala keluarga (KK) dilahan area penggunaan lain (APL) Siosar seluas 70 Ha, sedangkan untuk kebutuhan lahan usaha tani juga dikawasan hutan produksi Siosar yang ditempuh melalui mekanisme tukar menukar kawasan hutan (TMKH) Seluas 480 Ha, Kami berharap agar kunjungan kerja ini dapat terus berlanjut dan ditingkatkan sebagaimana yang telah dilaksanakan bersama seluruh unsur Forkopimda Kabupaten Karo dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab untuk tetap saling berkoordinasi dan terintegrasi sesuai dengan tugas dan tangung jawab masing – masing serta dukungan seluruh masyarakat Kabupaten Karo”.
 
Acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Gubernur Sumatera Utara (Edy Rahmayadi) “Pesan saya kepada Masyarakat Kenapa kita dulu memprioritaskan membangun tempat ini agar pengungsi, akibat bencana gunung sinabung tidak menjarah hutan – hutan lindung kita. Jika hutan lindung ini dijarah maka hutan akan rusak dan kalau terjadi bencana berikutnya akan sulit di tangani. Mari sama – sama kita jaga dan lestarikan tempat yang indah ini yang menjadi surge kecil yang diberikan Tuhan kepada kita”

Acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala BNPB RI (Letjen TNI Doni Monardo) menyampaikan Tanah ini bukan semata menjadi program pemerintah, tetapi sudah menjadi kewajiban kehidupan dalam pembangunan masyarakat terdampak bencana secara global. Pembangunan di Relokasi Siosar ini diharapkan , ketika masyarakat akan menjadi lebih aman dan baik tinggal dihunian yang lebih baru dari hunian sebelumnya. Jagalah alam sekitar Siosar ini, jangan pernah lagi ada kita dengar pembakaran hutan, penebangan kayu, dan pembakaran kayu, dengan sesuka hati dengan mengabaikan faktor keselamatan masyarakat sekitar, sehingga dapat menimbulkan bencana alam. masyarakat patut bersyukur, karena Karo memiliki hawa yang sejuk, selain itu memiliki komoditas andalan yaitu Kopi Karo masyarakat patut bersyukur, karena Karo memiliki hawa yang sejuk, selain itu memiliki komoditas andalan yaitu Kopi Karo.
 
Turut hadir  Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) RI (Letjend TNI Doni Monardo), Gubernur Sumatera Utara (Edy Rahmayadi), Bupati Karo ( Terkelin Brahmana, S.H), Wakil Bupati Karo (Cory Seriwaty br Sebayang), Deputi I Kemenko PMK (Dody Usodo), Danrem 023/KS (Kolonel Inf Tri Saktiyono), Dandim 0205/TK (Letkol Inf Taufik Rizal Batubara), Kepala BPBD Provsu (Riadil Akhir Lubis), Kalak BPBD Karo (Ir Martin Sitepu) dan segenap Forkopimda Sumatera Utara serta para undangan yang turut hadir dalam acara tersebut.