Rumah Adat Sumatera Utara
Daerah Wisata Sumatera Utara
Rumah Ibadah Sumatera Utara

UNJUK RASA PENGURUS BESAR ALIANSI MAHASISWA DAN PEMUDA ANTI KORUPSI (PB ALAMP AKSI)

Posted September 10, 2019
Written by user
UNJUK RASA PENGURUS BESAR ALIANSI MAHASISWA DAN PEMUDA ANTI KORUPSI (PB ALAMP AKSI)
 
Unjukrasa Pengurus Besar Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Anti Korupsi (PB ALAMP AKSI)  melakukan unjuk  rasa di Kantor DPRD - SU pada Selasa, tanggal  10 September  2019. Dengan jumlah massa sebanyak 50 (Lima Puluh) orang, diterima berdialog di depan Gedung DPRD Provinsi Sumatera Utara oleh Bapak Sutrisno Pangaribuan, ST (Ketua Komisi D).
 
Delegasi Pengurus Besar Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Anti Korupsi (PB ALAMP AKSI). Menuntut 3 (Tiga) pernyataan sikap yang tercantum dalam statement/pernyataan sikap sebagai berikut:
  1. Menindaklanjuti aksi unjuk rasa yang kami lakukan di Kantor Gubernur Sumatera Utara tertanggal 27 Agustus 2019 terkait adanya dugaan permasalahan yang terjadi di Dinas Pendidikan Sumatera Utara yang dipimpin oleh Sdr. Arsyad Lubis dan Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi semasa dipimpin oleh Sdr. Abdul Haris Lubis yang diduga mengarah pada kerugian Negara.
  2. Menanggapi aspirasi kami tersebut, Gubernur Sumatera Utara mengatakan bahwa beliau akan melaporkan PB. ALAMP AKSI kepihak yang berwajib (dalam hal ini kepolisian). Hal ini kami duga merupakan suatu bentuk “pembungkaman gerakan” yang dilakukan oleh Gubernur Sumatera Utara terhadap PB. ALAMP AKSI.
  3. Kasus suap yang dilakukan oleh Sdr. Bonaran Situmeang terhadap mantan ketua MK Sdr. Akil Mochtar terkait sengketa Pemilukada Tapanuli Tengah Tahun 2011 di Lembaga Konstitusi tersebut diduga melibatkan Sdr. Bahtiar Ahmad Sibarani , Sdr. Bonaran Situmeang memberikan uang kepada Sdr. Akil Mochtar melalui Sdr. Bahtia Ahmad Sibarani yang dalam hal ini kami duga bertindak sebagai “makelar suap” sebesar 1,8 milyar untuk “mengamankan” kemenangan dalam Pilkada di Kabupaten Tapanuli Tengah. Suap terhadap Sdr. Akil Mochtar diduga dimaksudkan untuk mempengaruhi putusan sengketa Pemilukada Tapanuli Tengah yang berpekara di MK.
  4. Sdr. Bonaran Situmeang dan  Akil Mochtar telah menjelaskan dihadapan pengadil terkait keterlibatan Sdr. Bahtiar Ahmad Sibarani dan saat kejadian penyuapan tersebut Sdr. Bahtiar Ahmad Sibarani masih menjabat sebagai Anggota DPRD Tapanuli Tengah. Sampai saat ini Sdr. Bahtiar Ahmad Sibarani menjabat sebagai Bupati Tapanuli Tengah. Hingga sekarang Sdr. Bahtiar Ahmad Sibarani masih dapat berkeliaran dengan bebas dan seakan “kebal hukum”.
 
Menyikapi aspirasi yang telah diterima oleh Tim Penerima Unjuk Rasa/ Aspirasi DPRD Provinsi Sumatera Utara  oleh Bapak Sutrisno Pangaribuan, ST (Ketua Komisi D) menyampaikan pendapat sebagai berikut:
  • Mengapresiasi kedatangan dari Pengurus Besar Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Anti Korupsi ( PB ALAMP AKSI ) dan akan kami sampaikan ke Pimpinan untuk ditindak lanjuti sesuai ketentuan yang berlaku.
  • Meminta kepada Pengurus Besar Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Anti Korupsi ( PB ALAMP AKSI ), untuk memberikan Bukti-buki permasalahan yang terjadi akibat tuntutan Pengurus Besar Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Anti Korupsi ( PB ALAMP AKSI ).
  • Aspirasi Pengurus Besar Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Anti Korupsi ( PB ALAMP AKSI ) ini merupakan bidang kerja Komisi A, dan kami akan sampaikan kepada Komisi A untuk menjadwalkan Rapat Dengar Pendapat melalui Badan Musyawarah DPRD-SU