DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE 74
DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA
Rumah Adat Sumatera Utara
Daerah Wisata Sumatera Utara
Rumah Ibadah Sumatera Utara

RDP Komisi A dan B DPRD Provsu Terkait Lahan Rakyat Aek Godang Dalam Membuat Lahan Produktif

Posted August 20, 2019
Written by user
Category Umum
Rapat Kerja/Dengar Pendapat
Komisi A dan B DPRD Provinsi Sumatera Utara
Bersama dengan Bupati Humbang Hasundutan, Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara, Kanwil BPN Provinsi Sumatera Utara, BPN Kab. Humbang Hasundutan, Polda Sumatera Utara, Polhut Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara, UPT KPH Wilayah XIII Dolok Sanggul dan Sdr. Turman Marbun (Perwakilan Kelompok Tani Desa Aek Godang Kec. Onan Ganjang Kab. Humbang Hasundutan)
 
            Selasa (20 Agustus 2019). Komisi A DPRD Provinsi Sumatera Utara melaksanakan Rapat Kerja/Dengar Pendapat bersama dengan Bupati Humbang Hasundutan, Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara, Kanwil BPN Provinsi Sumatera Utara, BPN Kab. Humbang Hasundutan, Polda Sumatera Utara, Polhut Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara, UPT KPH Wilayah XIII Dolok Sanggul dan Sdr. Turman Marbun (Perwakilan Kelompok Tani Desa Aek Godang Kec. Onan Ganjang Kab. Humbang Hasundutan). Rapat ini dipimpin oleh Sekretaris Komisi A DPRD Provinsi Sumatera Utara (H.M. Hanafiah Harahap, SH) dan didampingi oleh Anggota Komisi A dan B DPRD Provinsi Sumatera Utara lainnya. RDP ini dilaksanakan di Ruang Rapat Komisi A DPRD Provinsi Sumatera Utara dengan Agenda terkait masalah lahan Rakyat Aek Godang dalam membuat Lahan Produktif.
            Dalam rapat ini, Sdr. Turman Marbun sebagai Kuasa Pemilik Lahan (An. Hemat Sibagariang, dkk) menyampaikan Surat Permohonan kepada Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara tanggal 25 Oktober 2018 Perihal Penyampaian rencana tebang kayu Masyarakat tumbuh alami seluas + 20 Hektar yang berlokasi di Desa Aek Godang Arbaan Kec. Onan Ganjang Kab. Humbang Hasundutan, yang mana turut dilampirkan Surat Pernyataan Kesanggupan Pengelolaan dan Pemantauan Lingkungan Hidup (SPPL).
            Selanjutnya diketahui terdapat Surat Bupati Humbang Hasundutan No. 552/638/DLH/2017 tanggal 28 April 2017 perihal Pemberhentian Penebangan Kayu Pinus dari Hutan Hak yang berisikan antara lain bahwa Dinas Kehutanan harus melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan terkait penerbitan perizinan penebangan kayu di wilayah Kab. Humbang Hasundutan. Sehingga pada akhirnya Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Humbang Hasundutan menerbitkan Surat No. 005/163/LH/III/2019 tanggal 28 Maret 2019 perihal pencabutan Surat Pernyataan Kesanggupan Pengelolaan dan Pemantauan Lingkungan Hidup (SPPL) an. Hemat Sibagariang, dkk dan merekomendasikan agar dilakukan penyusunan dokumen AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan) untuk lahan seluas 420 Hektar yang berlokasi di Desa Aek Godang Arbaan Kec. Onan Ganjang.
            Pimpinan Rapat kemudian memberikan kesimpulan terkait permasalahan ini, dimana Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan tidak berniat untuk mengesampingkan keinginan Masyarakat Aek Godang untuk mengelola tebang kayu seluas + 20 Hektar yang berlokasi di Desa Aek Godang Arbaan Kec. Onan Ganjang Kab. Humbang Hasundutan. Masyarakat disarankan saling berkoordinasi dengan Pemkab Humbang Hasundutan dan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara, kemudian meminta kepada Masyarakat untuk memenuhi Peraturan yang berlaku. Permasalahan ini juga tidak termasuk dalam pelanggaran Pidana ataupun Perdata sesuai dengan yang disampaikan oleh Perwakilan Polda Sumatera Utara (Jacky Marpaung).