DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA
SUMPAH PEMUDA KE 91
SELAMAT KEPADA PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN RI
Rumah Adat Sumatera Utara
Daerah Wisata Sumatera Utara
Rumah Ibadah Sumatera Utara

UNJUK RASA (APBDSU) Aliansi Pekerja Buruh Daerah Sumatera Utara

Posted July 17, 2019
Written by user
UNJUK RASA Aliansi Pekerja Buruh Daerah Sumatera Utara (APBDSU)


 
 
 
 
Unjukrasa Aliansi Pekerja Buruh Daerah Sumatera Utara (APBDSU) dengan jumlah  massa 300 (Tiga ratus) orang  melakukan unjuk  rasa di Kantor DPRD - SU pada Rabu, 17 Juli 2019 pukul 11.30 Wib. Perwakilan diterima berdialog/ duduk bersama di Ruang Banmus sebanyak 23 (dua puluh tiga) orang oleh Bapak H. Robby Anangga, SE (Ketua Komisi B), Bapak Zulkifli, S.Pd. I (Anggota Komisi B) dan Ibu Dra. Hj. Hidayah Herlina Gusti (Anggota Komisi B)
 
 
Delegasi Aliansi Pekerja Buruh Daerah Sumatera Utara (APBDSU) Menuntut 3 (Tiga) pernyataan sikap yang tercantum dalam statement/pernyataan sikap sebagai berikut :
  1. Mempertanggung jawabkan penyelesaian pembayaran Hak Korban Tragedi Ketenagakerjaan Pabrik Korek Api Mancis.
  2. Copot Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumatera Utara, Kepal Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Langkat, serta Kepala UPT I Pengawas Ketenagakerjaan Provinsi Sumatera Utara, yang dinilai lalai dalam menjalankan Tugas Pokok dan Fungsinya. Sehingga menyebabkan 30 korban meninggal dunia di Pabrik Korek Api Mancis-Kabupaten Langkat.
  3. Copot Kepala Dinas Perindustrian Kabupaten Langkat yang dinilai lalai menjalankan Tugas Pokok dan Fungsinya yang menyebabkan Pabrik Korek Api Mancis di Dusun III Desa Sambirejo, Kab. Langkat beroperasi secara legal.
  4. Periksa seluruh Pegawai Pengawas Provinsi Sumatera Utara, yang diduga melakukan pembiaran atas beroperasinya Pabrik Korek Api Mancis yang mengangkangi perundang-undangan yang berlaku.
  5. Copot Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri.
  6. Copot Pegawai Pengawas Ketenagakerjaan yang lali dalam penanganan pengaduan.
  7. Tolak Revisi UUK No. 13 Tahun 2003 dan sistim kerja pemagangan serta cabut PP Pengupahan No. 78 Tahun 2015.
  8. Terbitkan Undang-undang Perlindungan Bagi Buruh Perkebunan ;
  9. Terbitkan Peraturan Menteri Tenaga Kerja tantang Perlindungan Pekerja Rumahan.
  10. Perkuat Kinerja Pegawai Pengawas Ketenagakerjaan di Seluruh Indonesia, terkhusus di Provinsi Sumatera Utara.
  11. Tingkatkan perbaikan pelayanan BPJS Kesehatan.
 
Menyikapi aspirasi yang telah diterima oleh Tim Penerima Unjuk Rasa/ Aspirasi DPRD Provinsi Sumatera Utara oleh  Bapak H. Robby Anangga, SE (Ketua Komisi B), Bapak Zulkifli, S.Pd. I (Anggota Komisi B) dan Ibu Dra. Hj. Hidayah Herlina Gusti (Anggota Komisi B)  menyampaikan pendapat sebagai berikut:
  • Mengapresiasi kedatangan dari Aliansi Pekerja Buruh Daerah Sumatera Utara (APBDSU) dan akan menyampaikan aspirasinya kepada Pimpinan DPRD-SU untuk ditindak lanjuti sesuai peraturan yang berlaku
  • Aspirasi Ini fokus ke Komisi E, kami akan menyampaikan ke Komisi E untuk menjadwalkan dalam Rapat Dengar Pendapat dengan mengundang  pihak Keluarga korban Pabrik Korek Api Mancis, Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Sumatera Utara (Kepala UPT I) dan Kapolres Langkat.
  • Mengenai Pansus Ketenagakerjaan, DPRD Provinsi Sumatera Utara sudah membentuk Pansus Ketenagakerjaan yang saat ini sedang berjalan.
  • Kami akan menyampaiakan kepada Pimpinan dan Anggota Pansus Ketenagakerjaan mengenai usulan  untuk melibatkan Aliansi Buruh dalam Pansus Ketenagakerjaan.
  • Meminta Kepada Pegawai Pengawas Ketenagakerjaan untuk meningkatkan kinerja dalam penanganan masalah pengaduan dan menindak tegas kepada oknum-oknum yang menyalahi aturan ketenagakerjaan.
  • Akan menyampaikan ke Komisi E untuk dapat diteruskan ke DPR-RI mengenai penolakan Revisi UUK No. 13 Tahun 2003.
  • Jika masalah ini tidak kunjung selesai maka kami akan merekomendasikan kepada Komisi E untuk mencopot Kepala Dinas Ketenagakerjaan