Rumah Adat Sumatera Utara
Daerah Wisata Sumatera Utara
Rumah Ibadah Sumatera Utara

KOMISI II DPRD KABUPATEN SAMOSIR BERKUNJUNG KE DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA

Posted January 10, 2019
Written by user
Category Umum
KUNJUNGAN KOMISI II DPRD KABUPATEN SAMOSIR KE DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA
 
Kamis, 10/01/19, Komisi II DPRD Kabupaten Samosir berkunjung ke DPRD Provinsi Sumatera Utara. kunjungan tersebut diterima dan dibuka oleh Ketua Badan Kehormatan DPRD Provinsi Sumatera Utara, Toni Togatorop, SE, MM yang didampingi Tenaga Ahli Badan Kehormatan DPRD Provinsi Sumatera Utara Irwansyah, SH, MH, Plh. Kabag Informasi Protokol Evelyn Sitanggang,  SE, MSP bertempat diruang Rapat Badan Kehormatan DPRD Provinsi Sumatera Utara.

Dalam pertemuan tersebut rombongan Komisi II DPRD Kabupaten Samosir dipimpin oleh Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Samosir Nasip Simbolon didampingi seluruh Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Samosir mengatakan, kedatangan Komisi II DPRD Kabupaten Samosir dalam rangka Konsultasi dan Koordinasi ke DPRD Provinsi Sumatera Utara terkait SK Gubernur Sumatera Utara tentang Pembagian Hasil Pajak Air Permukaan (PAP) PT. Inalum untuk Kabupaten/Kota.
Nasip Simbolon juga mengatakan terjadi Diskriminasi terhadap pembagian Pajak APU, hal ini tidak sebanding dengan dampak negatif yang terjadi terhadap Danau Toba.
Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Samosir, Junjungan Situmorang, SE juga menanyakan sampai sejauh mana pengalokasian penggunaan dana hibah PT. Inalum oleh Pemprovsu dimana Pemprovsu mendapatkan bagian terbesar dalam pembagian Pajak APU.


Menanggapi hal tersebut, Ketua Badan Kehormatan DPRD Provinsi Sumatera Utara Toni Togatorop, SE, MM mengatakan, terkait hal tersebut sampai saat ini belum ada keputusan pengadilan untuk besaran proposional Pajak APU.
Banggar DPRD Provinsi Sumatera Utara telah memutuskan untuk tidak memakai peraturan SK Gubernur Sumatera Utara No. 188.44/355/KPTS/2018 tentang pembagian hasil Pajak Air Permukaan (PAP) PT. Inalum untuk Kabupaten/Kota sebagai acuan untuk pembagian Pajak APU PT. Inalum.
Tenaga Ahli Badan Kehormatan DPRD Provinsi Sumatera Utara Irwansyah, SH, MH menyarankan agar DPRD Kabupaten Samosir untuk membuat Surat Tertulis kepada DPRD Provinsi Sumatera Utara agar hal ini dapat segera ditindaklanjuti dan agar DPRD Kabupaten Samosir melakukan penguatan ke DPRD Provinsi Sumatera Utara melalui perpanjangan Partai dan Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara Dapil IX.