Rumah Adat Sumatera Utara
Daerah Wisata Sumatera Utara
Rumah Ibadah Sumatera Utara

Kunjungan Delegasi DPRD Provinsi Liaoning Tiongkok dengan Pimpinan dan Anggota DPRD Sumatera Utara

Posted December 11, 2018
Written by user
Category Umum
Kunjungan Delegasi DPRD Provinsi Liaoning Tiongkok dengan Pimpinan dan Anggota DPRD Sumatera Utara
 
Selasa, (11/12/2018)  Delegasi DPRD Provinsi Liaoning Tiongkok berkunjung ke Anggota DPRD Sumatera Utara. Kunjungan dipimpin langsung oleh Wakil Ketua Mr. Sun Yi dan diterima langsung oleh Ketua DPRD Sumatera Utara H. Wagirin Arman, S.Sos diruang Rapat Pimpinan.

Dalam pertemuan tersebut Mr. Sun Yi mengatakan bahwa kunjungan Delegasi DPRD Provinsi Liaoning Tiongkok ke DPRD Sumatera Utara merupakan kunjungan balasan. Banyak aspek yang bisa dilakukan kerjasama antara Tiongkok dan Indonesia sangat penting terutama dibidang kesehatan yaitu obat-obatan tradisional, saya berharap kedepan kerjasama ini banyak terjalin lebih erat terutama dengan penanaman ginseng dan obat-obatan di Sumatera Utara.

Sementara itu Konjen Tiongkok untuk Indonesia Mr. Sun Ang mengucapkan banyak terima kasih atas sambutan hangat Pimpinan dan Anggota DPRD Sumatera Utara kepada Delegasi DPRD Provinsi Liaoning Tiongkok. Menurut Mr. Sun Ang Provinsi Liaoning Tiongkok pada tahun 1985 Tiongkok sudah mempunyai jalan toll, dalam waktu 20 tahun Tiongkok sudah memiliki 130.000 km, ini merupakan ruas jalan toll terpanjang di dunia, pembangunan jalan toll ini juga atas dukungan perusahaan Tiongkok.

sama juga seperti halnya Presiden Joko Widodo yang mendukung pembangunan manufaktur seperti kereta cepat Jakarta-Bandung yang juga didukung perusahaan Tiongkok. Kami ingin kiranya Perusahaan Tiongkok dapat berkontribusi dalam pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung di Kabupaten Batubara. Kedepan Pelabuhan Kuala Tanjung merupakan Pelabuhan terbesar di sepanjang Selat Malaka, pembangunan pelabuhan ini diharapkan memberikan hasil Positif terutama di jalur perdagangan Selat Malaka.

Ketua DPRD Sumatera Utara H. Wagirin Arman, S.Sos mengucapkan selamat datang kepada Delegasi DPRD Provinsi Liaoning Tiongkok. Ketua DPRD mengatakan bahwa Provinsi Sumatera Utara memiliki Penduduk sekitar 13 Juta jiwa, terdiri dari 8 suku bangsa Asli dan beberapa suku bangsa yang besar di Indonesia ada di Sumatera Utara.
Sumatera Utara memiliki areal yang bisa ditanam obat-obatan tradisional tiongkok seperti ginseng. Saya berharap kerjasama ini nantinya bisa ditindak lanjuti agar member manfaat bagi kedua Negara terutama Rakyat Sumatera Utara.

Pertemuan dilanjutkan dengan jamuan makan siang dan kunjungan ke salah satu tempat bersejarah di Kota Medan Museum Tjong Yong Hian.