DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE 74
DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA
Rumah Adat Sumatera Utara
Daerah Wisata Sumatera Utara
Rumah Ibadah Sumatera Utara

UNJUK RASA Aliansi Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia

Posted October 29, 2018
Written by user
UNJUK RASA Aliansi Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI)
DI TERIMA OLEH KEPALA BAGIAN INFORMASI DAN PROTOKOL SEKRETARIAT DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA
(BAPAK BENNY MIRALDY)


Unjukrasa Aliansi Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia dengan jumlah  massa 200 (Dua Ratus) orang  melakukan unjuk  rasa di Kantor DPRD - SU pada Senin, 29 Oktober 2018 pukul 11.00 Wib. Delegasi diterima oleh Tim Penerima Aspirasi DPRD Provinsi  Sumatera Utara oleh Kepala Bagian Informasi dan Protokol (Benny Miraldy).
 
Delegasi Aliansi Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia Menuntut 10 (Sepuluh) pernyataan sikap yang tercantum dalam statement/pernyataan sikap sebagai berikut :
  1. Cabut PP 78/ Tolak Upah Murah tahun 2019 yang hanya naik 8.03%.
  2. Untuk mewujudkan upah Pekerja/ Buruh yang bermartabat, agar Bapak EDY RAHMAYADI ; Gubernur Sumatera Utara berani menetapkan kenaikkan upah minmum (UMP/K) Sumatera Utara 2019 diatas ketentuan PP 78/ 2015 atau sebesar 20 – 25%.
  3. Turunkan harga BBM, sembako, & tarif listrik.
  4. Hapuskan sistem kerja “perbudakan” (outsourcing, kontrak, harian lepas, borongan).
  5. Copot Sdr. Drs. H. Darwin Nasution, SH, MH; Direktur Utama PT. Perkebunan Sumatera Utara (PSU), perusahaan milik BUMD Pemprovsu yang diduga melakukan tindakan Penghalang-penghalang  Kebebasan Berserikat di PT. PSU Unit Tanjung Kasau Batu Bara.
  6. Agar Sdr. DRs. Darwin Nasution, SH, MH Direktur Utama PT. PSU menghormati dan melaksanakan Anjuran dari Mediator Disnakersu tentang pembayaran hak Pesangon Sdr. Rusli dan Sdr. Adi Sumantri Pengurus FSPMI di PT. PSU Unit Tanjung Kasau Kab. Batu Bara yang di PHK secara sepihak.
  7. Pengawalan membuat Laporan Pengaduan ke Poldasu tentang tenggelamnya KM. Mega Top yang menghilangkan nyawa dan jasad 28 ABKnya di perairan Samudera Hindia Pulau Nias.
  8. Agar Gubsu, Ketua DPRDSU dan Kapoldasu membentuk TIM Investigasi atas tenggelamnya KM. Mega TOP yang menghilangkan nyawa dan jasad 28 ABKnya di perairan Samudera Hindia Pulau Nias.
  9. Tangkap dan adili Pengusaha KM. Mega Top yang diduga lalai melaksanakan standart keselamatan kendaraan laut, sehingga menyebabkan tenggelamnya KM. Mega TOP yang menghilangkan nyawa dan jasad ABKnya di perairan Samudera Hindia Pulau NIAs.
  10. Tegakkan aturanhukum UU Perburuhan demi melindungi Pekerja/ Buruh Rakyat Sumatera Uatar dari ketidakailan yang dilakukan oleh Pengusaha – pengusaha hitam.
 
Menyikapi aspirasi yang telah diterima oleh Tim Penerima Unjuk Rasa/ Aspirasi DPRD Provinsi Sumatera Utara oleh  Kepala Bagian Informasi dan Protokol Sekretariat DPRD Provinsi Sumatera Utara (Bapak Benny Miraldy)  menyampaikan pendapat sebagai berikut:
  1. Mengapresiasi kedatangan dan menerima Statement dari Aliansi Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia di Depan Kantor DPRD-SU dan berdialog dengan Tim Penerima Aspirasi.
  2. Statemen diterima dan akan di tindak lanjuti oleh komisi terkait