Rumah Adat Sumatera Utara
Daerah Wisata Sumatera Utara
Rumah Ibadah Sumatera Utara

RAPAT PARIPURNA SAMBUTAN GUBERNUR SUMATERA UTARA MASA JABATAN 2018-2023

Posted September 10, 2018
Written by user
Category Umum
RAPAT PARIPURNA SAMBUTAN GUBERNUR SUMATERA UTARA

DPRD Provinsi Sumatera Utara melaksanakan kegiatan Rapat Paripurna Dewan dengan agenda Penyampaian Pidato Sambutan Gubernur Sumatera Utara Masa Jabatan 2018 – 2023 pada,  Senin, 10 September 2018 di Ruangan Rapat Paripurna Dewan setelah acara Serah Terima Jabatan Gubernur Sumatera Utara masa jabatan 2018-2023.

Rapat yang dipimpin oleh Ketua DPRD Sumatera Utara (H. Wagirin Arman, S.Sos) di dampingi oleh Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara dan anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara, Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (DR. Ir. Hj. R. Sabrina, M.Si), Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Provsu, Para Konsul, Bupati dan Walikota Sumatera Utara, para OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Provsu dan para undangan serta Wartawan Media Cetak dan Elektronik.

Acara di laksanakan dengan khidmat dan lancar dalam mendengarkan Pidato Sambutan Gubernur Sumatera Utara. Dalam sambutannya Gubernur Sumatera Utara menyampaikan “ Terima Kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat Sumatera Utara yang telah memberikan amanah kepada kami untuk memimpin Sumatera Utara selama Lima Tahun ke depan. Sesuai dengan Kepres Nomor 153/P Tahun 2018 tanggal 28 Agustus 2018 tentang pengesahan pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Masa Jabatan Tahun 2018-2023 dan dilantik di depan Presiden Republik Indonesia dengan Amanat Beliau yang terpenting kepada Kami adalah Mengejar Ketertinggal Pembangunan Sumatera Utara.

Disamping itu Gubernur Sumatera Utara juga menyampaikan bahwa untuk membangun Cita-cita besar mewujudkan Sumatera Utara Bermartabat diperlukan Kemitraan bersama antara Tiga Pilar yaitu Pemerintah, Swasta dan Masyarakat sebagai upaya membangun melalui Pemerintah yang Baik (Good Governance), maka Pemerintah harus didukung Private Sector (Swasta) dan Civil Society (Masyarakat) yang biasa di kenal dengan sebutan lain Third Sector.

Selanjutnya Gubernur Sumatera Utara menambahkan. Untuk mewujudkan Sumatera Utara yang Bermartabat, Kita telah merumuskan  Lima Program Prioritas untuk Lima Tahun ke Depan yaitu :
  1. Pengurangan Angka Pengangguran dengan memprioritaskan ketatatenagakerjaan
  2. Pendidikan yang mencerdaskan
  3. Pembangunan Infrastruktur yang cukup untuk mendukung kenyamanan masyarakat
  4. Penyediaan layanan kesehatan mutakhir
  5. Peningkatan daya saing masyarakat  dengan memprioritaskan Sumatera  Utara kembali pada sektor Agraris.
Dalam hal ini sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 Ayat 2 Undang-undang nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah.  Sehingga sudah semestinya kita harus membangun sinergisitas dalam rangka mewujudkan tujuan pembangunan Provinsi Sumatera Utara yang Bermartabat.

Dalam akhir sambutan Gubernur Sumatera Utara menyampaikan, izinkan saya membacakan kutipan kata bijak slaah seorang Khalifah ketika dilantik sebagai Khalifah :
Hai Orang banyak Semuanya
Aku Diangkat mengepalai Kalian
Dan Aku bukanlah yang terbaik diantara Kalian
Jika Aku membuat Kebaikan, Maka dukunglah Aku
Jika Aku membuat Kejelekan, Maka Luruskanlah Aku”
Di akhir acara penyampaian Pidato sambutan Gubernur Sumatera Utara tersebut dilanjutkan dengan Foto bersama dengan Pimpinan Dewan, Forkopimda dan undangan