DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE 74
DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA
Rumah Adat Sumatera Utara
Daerah Wisata Sumatera Utara
Rumah Ibadah Sumatera Utara

Unjuk Rasa Gerakan Roda Dua Indonesia (GARDA) Regional Sumatera Utara

Posted August 15, 2018
Written by user
Unjuk Rasa Gerakan Roda Dua Indonesia (GARDA) Regional Sumatera Utara
 
 
 
Unjukrasa Gerakan Roda Dua Indonesia (GARDA) Regional Sumatera Utara dengan jumlah  massa 500 (Lima Ratus) orang melakukan unjuk  rasa di Kantor DPRD - SU pada 15 Agustus 2018.  Para peserta aksi diterima berdialog di depan Gedung DPRD-SU oleh oleh Dahril Siregar  ( Ketua Komisi E DPRD-SU) dan Sutrisno Pangaribuan , ST (Sekretaris Komisi D DPRD-SU).
 
Delegasi Gerakan Roda Dua Indonesia (GARDA) Regional Sumatera Utara 6 (Enam) pernyataan sikap yang tercantum dalam statement/pernyataan sikap sebagai berikut :
  1. Mendesak DPRD Sumatera Utara dan Pemerintah khususnya instansi terkait Dinas perhubungan, Dinas Infokom, dll. untuk segera melanjutkan RDP Lanjutan (ke dua) seperti yang telah dijanjikan sebelumnya Guna melahirkan peraturan Daerah sebagai Kebijakan daerah terkait Transportasi Online/Daring Roda 2 di Sumaterea Utara
  2. Mendorong para pemangku kebijakan daerah baik Pemprovsu dan DPRD Sumut untuk lebih produktif dan sinergi dalam menyelesaikan Perda tersebut agar dapat menjadi dasar legalitas dan Standar Oprasional transportasi Roda 2 dengan menimbang dan memperhatiakan realitas yang ada bahwa lapangan kerja ini telah menyedot ribuan orang, jasa Transportasi Online Roda 2 telah menjadi kebutuhan masyarakat, menghidupkan UMKM serta dinilai sebagai Bisnis ekonomi kreatif berbasis IT yang sedang digalakan di masa depan.
  3. Mendesak pemerintah dan DPRD Sumut agar status Pengemudu Online Roda 2 menjadi lebih jelas sebagai mitra usaha perusahaan dengan mengacu kepada UU/ peraturan yang ada agar hak, kewajiban dan perlindungan dapat dijalankan dan ditegakan seadil-adilnya.
  4. Mendorong Pemerintah untuk segera melakukan melakukan pengawasan dan penerbitan terhadap perusahaan aplikator yang dinilai belum adil dan sepihak dalam mengambil kebijakan dan memperlakukan para mitra Usahanya, dalam hal ini para driver roda 2.
  5. Mendesak dan menuntut Pemerintah untuk segera mengambil kebijakan penerapan tarif lokal yang layak, adil dan tidak merugikan pengemudi online sekaligus dap[at mencegah persaingan tidak sehat antar perusahaan Aplikator/Penyewa aplikasi Transportasi Online.
  6. Melalui ini juga kami menyampaikan bahwa kami menyampaikan bahwa GARDA INDONESIA siap mendukung kebijakan Pemerintah yang pro rakyat, turut menjaga kondusifitas ketimbang di Sumatera Utara khususnya menjelang Asean Games 2018 dan Pemilu 2019.
 
Menyikapi aspirasi yang telah diterima oleh Tim Penerima Unjuk Rasa/ Aspirasi DPRD Provinsi Sumatera Utara oleh  Dahril Siregar  ( Ketua Komisi E DPRD-SU) dan Sutrisno Pangaribuan, ST (Sekretaris Komisi D DPRD-SU) menyampaikan pendapat sebagai berikut:
  1. Statement diterima dan disampaikan  ke Pimpinan DPRD-SU untuk ditindak lanjuti
  2. Komisi E  akan menjadwalkan di Banmus untuk RDP (Rapat Dengar Pendapat) dengan Memangil/Menggundang Aplokator, Kom Info Biro Hukum dan Perda dan Akan Memangil Perwakilan dari Gerakan Roda Dua Indonesia (GARDA) Regional Sumatera Utara dengan
  3. Bila perlu akan Mengikut setakan Perwakilan dari Komisi, A, D dan E untuk Melakukan RDP (Rapat Dengar Pendapat).